PEngEN kuLit Cehat N halus. ^_^

Kamis, 02 Oktober 2008

Untuk mewujudkan kulit Cehat dan cantik, Anda tak hanya membutuhkan perawatan dari luar, tapi juga dari dalam. Konsumsilah gizi seimbang. Niscaya tak hanya kulit yang tampak kemilau, tubuh juga akan terasa bugar dan lebih muda dari usia yang sesunguhnya,..
maka konsumsilah makanan sehat,fresh secara bervariasi

Vitamin A
Bisa di dapat dari ubi jalar,hati,telur dan susu Untuk variasi, bisa saja Anda konsumsi buah-buahan yang berwarna jingga dan kuning, seperti mangga, jeruk bali, tomat, asparagus serta sayuran hijau berdaun seperti bayam dan brokoli. Vitamin A sangat penting karena kandungan antioksidannya yang membantu mengurangi resiko penyakit tertentu termasuk kanker.Antioksidan juga membantu mencegah infeksi serta mendukung pertumbuhan dan perbaikan sel-sel, jaringan serta kulit. Diketahui, dengan vitamin A pun gejala alergi dapat dikurangi. Penting vitamin A bagi kulit terbukti dari fakta ini: kekurangan vitamin A bisa menyebabkan kulit kering gatal dan kehilangan elastisitas.

Vitamin B Kompleks (riboflavin, niacin, B-6, B-12 dan biotin)
Paling banyak terkandung di whole grain dan sereal whole grain, juga produk-produk sereal serta biji-bijian yang diperkaya. Jika tidak terlalu suka sereal Anda bisa juga mendapatkan vitamin ini pada beras, oatmeal, biji bunga matahari, ikan, telur, hati dan produk susu rendah lemak.Vit B Kompleks berguna untuk mengurangi rasa kering dan gatal di kulit serta mengurangi stres. Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan kulit kering, mengelupas dan sensitif. Riboflavin atau Vit B-2 juga dapat ditemukan di daging, kacang-kacangan dan sayuran hijau berdaun. Sedangkan niacin dapat pula diperoleh dari unggas, ikan, daging sapi, mentega kacang dan polong-polongan. Sebaiknya Anda memperoleh asupan niacin dari konsumsi makanan. Sebab asupan berlebihan (biasanya akibat suplemen) dapat menyebabkan kulit memerah, gatal-gatal dan kerusakan hati.

Vitamin C
Seperti sudah Anda ketahui, kandungan vitamin C terbaik ditemukan di buah-buahan sitrus, buah beri, paprika merah dan brkoli. Tetapi ternyata hanya di jeruk., vitamin C juga bisa didapat dari kentang, bawang putih, bawang bombay, sayur hijau atau hijau gelap berdaun (bayam), apel, kubis, kecambah dan melon.Vit C penting karena kandungan antioksidannya, juga efek antihistamin, dapat mencegah infeksi kulit dan menyembuhkan luka, memproduksi kolagen dan elastin untuk mengencangkan kulit, mendukung gusi yang sehat dan pembuluh darah yang lentur. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan gigi goyah, gusi bengkak, pendarahan berlebihan dan luka yang tidak sembuh-sembuh.

Vitamin E
Vitamin yang sering disebut-sebut sangat penting untuk kulit ini bisa ditemui di sayuran hijau berdaun, brikoli, ingyak serta kacang-kacangan seperti almond dan hazelnut. Tidak hanya itu,Vit E juga dikandung oleh kacang tanah, paprika merah, buah zaitun, beras merah, apel, whole grain, ubi jalar dan polong-polongan dan mentega. Vitamin E dapat mengurangi risiko penyakit dengan kandungan antioksidannya, memerangi kerusakan akibat zat radikal bebas dan berpotensi untuk memperlambat penuaan

Zinc
Zinc dapat ditemukan pada daging, hidangan laut, telur, susu, whole grain,teh hijau dan miso. Zinc juga bisa didapat dari buah aprikot, bawang bombay kokoa, Zinc penting untuk pertumbuhan dan kesehatan kulit secara keseluruhan, karena nutrisi ini bekerja dengan vitamin A untuk menjaga dan memperbaiki kulit, mendukung kekuatan, elastisitas dan kekencangan kulit. Zinc juga mendukung pertumbuhan jaringan sehingga memegang peranan penting pada banyak fungsi tubuh. Kekurangan nutrisi ini dapat menyebabkan kita mudah terkena infeksi.

Nutrisi Mikro
Selain vitamin dan mineral, untuk mewujudkan kulit sehat tubuh uga memerlukan nutrisi makro yang baik, diantaranya:

  1. Karbohidrat. Seperti Anda ketahui, zat gizi ini dikandung dalam roti, beras (sebaiknya beras merah ) dan oatmil. karbohidrat penting untuk energi, serat dan vitamin-vitamin B.

  2. Protein. Semua tahu apa saja sumber protein. Daging, unggas, telur, ikan,kacang-kacangan dan tahu adalah sumbe protein terbaik. Protein dibutuhkan kulit khususnya dan tubuh secara keseluruhan untuk energi, serta memperbaiki jaringan dan sel tubuh.


  3. Lemak (Tentu bukan jenis lemak jenuh dan lemak trans, tapi lemak dari sumber-sumber alami yang mengandung asam lemak esensial, seperti asam linoleat dan asam alfa linolenat). Terdapat pada minyak sayur, lemak unggas, minyak kedelai, kacang-kacangan dan biji-bijian. Lemak cukup penting untuk menjaga agar kulit tetap sehat dan lembab. Kekurangan lemak dapat menyebabkan kulit yang kering, bersisik dan terkelupas serta rontoknya rambut.

AIR
Air putih adalah sumber terbaik. Namun asupan cairan yang baik juga didapat dari buah-buahan, sayur-sayuran dan produk susu. Air sangat penting untuk hidrasi sel, serta berperan dalam meregulasi suhu tubuh Air juga bertugas membawa nutrisi ke sel-sel dan sampah hasil metabolisme keluar dari sel. Memastikan apakah Anda cukup minum air sangat mudah. Coba lihat warna air kemih Anda. Warna kuning muda berarti Anda cukup minum, bening berarti mungkin Anda terlalu banyak minum sedangkan warna kuning gelap atau jingga berarti Anda kurang minum air.

PS: bila Anda ingn perawatan dari luar secara alami Anda juga bisa memanfaatkan lidah buaya,..usahakan pori-pori anda terbuka terlebih dahulu {setelah berendam air hangt misalnya} oleskan lidah buaya keseluruh kulit Anda...N cuci bersih kurang lbh 30 mnt kemudian ^_^

17 komentar:

Tony mengatakan...

kulit ku udah halus belum ya ?? :D

Andri mengatakan...

Ya...ya...ya...Sepertinya aku gak usah nambahin apa-apa buat artikel ini...soalnya dah lengkap banget dari A sampai Z.

Cuma aku ngingetin buat para ibu-ibu yang mau hamil...sebaiknya hentikan suplemen vitamin A ataupun obat luar yang mengandung retinoid (biasanya obat-obat jerawat), soalnya bisa berpengaruh pada janin. Pemakaian retinoid sebaiknya dihentikan 6 bulan sebelum hamil.

Artikelnya bermanfaat gell...ditunggu artikel berikutnya...hehe... ^^

rese mengatakan...

kulit aq kasar nih,,hhihi..
pha kabar gelly??
dah jrg krumah aq skrg??
muup lahir bathin yaps..=)

Hendrawan mengatakan...

Yuk.. ada tips dari yg berkulit mulus...

SatoNa mengatakan...

hi cc.. pa kabar? ^^

waa.. kirain kulit halus tuh cuma dari vit E ma air doank.. hehe.. pantas kulit ku kasar.. >_<

Anang mengatakan...

bermanfat banget ni infonya

Caroline Sutrisno mengatakan...

baru tau klo ubi jalar tuh mengandung vit A dan E jugak to? thanks for sharing yaa...

reza mengatakan...

kulit mulus , ambil aja kulitnya bayi he..he..he

ipanks mengatakan...

kulitku dah halus dek sampai2 nyamuk dan semut kalo lewat diatas kulitku bisa terpeleset hehehe :D

boodee mengatakan...

hihihi..
tumben panjang gini
tulisannya..

nice info

suzanto mengatakan...

buat cewek nutrisi tubuh tu perlu......selain mempercantik....karena juga kulit cewek tu lebih tipis daripada cowok....

chiero mengatakan...

minal aidzin wal faidzin juga gelly,

maav baru reply,

baru sempet oL skrg sejak lebaran dLu,^^

edisamsuri mengatakan...

wah kalau saya nggak bakalan putih, sudah keturunan hitam semua

aphied mengatakan...

asiiikk mo ke rumah gelly ah,,
mo mutihin badan..
boleh ya gelly?

Rezki mengatakan...

asiiikkk...kulit saya gimana yah..

SatoNa mengatakan...

hue.. aku.. cuma pake lulur. haha..

huee cc.. ga ada oleh" nie.. di bali mahal" barangnya. huhuh..

edisamsuri mengatakan...

wah Gelly dah jadi konsultan kecantikan nih